Change Font Size

Change Screen

Change Profile

Change Layouts

Change Menu Styles

Cpanel

padangmedia.com - BUKITTINGGI- Memperingati hari lahir tokoh proklamator Bung Hatta yang ke 107, Perpustakaan Bung Hatta di Bukit Galai Bancah Kota Bukittinggi itu, menyelenggarkan pameran buku dan bazar buku murah.

Pameran dan bazar buku ini diisi oleh koleksi dari Perputakaan Nasional RI, Perpustakaan Daerah Sumbar, Perpustakaan Bung Hatta, serta Penerbit Erlangga dan Yudistira.

Pameran bertajuk "Dengan Memperingati Hari Lahir Bung Hatta ke 107 Kita jadikan Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Menjadi Pusat Pembelajaran Seumur Hidup," itu dibuka secara resmi oleh Wakil walikota, H.Ismet Amzis, S.H. kemarin

Hadir pada pembukan pameran tersebut Kakan Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi, Drs. H. Zulkifli Joneva, Ketua Perpustakaan Nasional RI yang diwakili Kabid Pelayanan, Nini Suarni, penerbit, Kepala Sekolah Se Kota Bukittinggi, dan siswa Sekolah Dasar (SD).

Dalam kesempatan itu Ismet memaparkan Perpustakaan Bung Hatta ini merupakan lembaga pencerdasan kehidupan bangsa. Pendirian perpustakaan adalah bukti dari keseriusan Pemko dalam meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat.

"Kegiatan bazar dan pameran buku ini diharapkan dapat menyebar luaskan informasi koleksi buku dan museum scientific yang dimiliki oleh perpustakaan . Kemudian hal yang tidak kalah penting adalah mampu memotivasi dan meningkatkan minat baca masyarakat Kota Bukittinggi khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya," ucapnya.

Sementara Nini Suarni, mengemukakan hingga saat ini penyelenggaraan perpustakaan di Indonesia telah diatur oleh dua Undang-Undang (UU). Ia berharap dengan kekonsistenan semua perpustakaan menjalankan apa yang diamanahkan UU ini, sinkronisasi dan koordinasi dari pusat ke daerah dapat tercapai dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan perpustakaan.

Kesempatan sama, Zulkifli mengemukakan, Perpustakaan Proklamator Bung Hatta telah meiliki 93.750 exemplar koleksi buku. Buku-buku tersebut berasal dari pengadaan melalui APBD, bentuan instansi pemerintah perpustakaan nasional, perpustakaan daerah, masyarakat dan souvenir PNS yang melakukan perjalanan ke luar daerah.

"Acara ini juga diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT RI ke 64. Selain bazar dan pameran buku juga diselenggarakan lomba membaca dengan benar tentang pembukaan UUD 1945 yang diikuti oleh siswa/siswi SD/MI se Kota Bukittinggi", ujar Zulkifli.(an)